BLANG KEJEREN (Waspada) :

Akibat hujan yang mengguyur wilayah Gayo Lues sejak Minggu (19/10) sore hingga malam, beberapa wilayah dibeberapa lokasi jalan menghubungkan Gayo Lues Aceh Tenggara tepatnya di Perbatasan Umah Buner mengalami banjir bandang.

Akibatnya, arus transportasi Blang kejeren Kuta cane lumpuh total. Andi, dari pihak Polres Gayo Lues, yang sebelumnya berada dilokasi mengatakan, kejadian berlangsung sekira pukul 20:30 Minggu (19/10) malam.

“Tepatnya dipintu Gayo Perbatasan Umah Buner  Kecamatan Putri Betung, untuk sementara transportasi putus total,karena material banjir bandang menumpuk dibadan jalan,” ujarnya,Senin (20/10) Akibat banjir bandang tersebut, telah menghanyutkan beberapa bangunan milik Pemkab Gayo Lues, antara lain Mesjid,Pos Kantor Polhut  Sektor Umah Buner, gedung milik Disprindag Kop, Rumah Makan. Dan, dua unit kendaraan jenis RX King hanyut tertimbun material longsoran banjir bandang.

Sementara kerusakan lain,dua rumah warga atas nama, Kasim,43, dan Amat, 27. Setidaknya masih ada beberapa rumah warga, yang belum diperoleh informasinya. Sedangkan, material banjir terdiri dari balok-balok kayu hutan dan batu, kondisinya berserakan dilokasi umah buner

Dari sumber lain yang diterima, longsor juga terjadi di daerah Jeret Onom, masih di kecamatan yang sama, jarak Umah Buner Jeret Onom sekira, 15Km. Badan jalan dipenuhi material longsor,pohon-pohon dari tebing atas jalan tumbang menutupi jalan.

Untuk arus transportasi, semua angkutan terpaksa melansir semua penumpang dan barang-barang.Pembersihan telah dilakukan secara swadaya oleh masyarakat,namun hingga berita ini diturunkan belum ada pembersihan material banjir bandang dan longsor dengan alat-alat berat. (cjs)

 

Source : http://www.waspadamedan.com/